Tugas Pembaharuan 2

Soal :
  1. Sebutkan keunggulan pembelajaran Terpadu terjala
  2. Sebutkan model pembelajaran terpadu



Jawab :
1.      Keuntungan dari pendekatan pembelajaran Terpadu terjala / webbed model untuk mengitegrasikan kurikulum ini adalah faktor motivasional yang menghasilkan pemilihan tema berdasarkan minat yang tinggi. Selain itu, model webbed atau pendekatan penulisan unit (unit writing approach) merupakan pendekatan yang familiar untuk guru berpengalaman dan merupakan model perencanaan kurikulum yang agak jelas bagi guru yang kurang berpengalaman untuk memahami. Dia juga menfasilitasi perencanaan kerja tim sebagai tim lintas disiplin untuk merangkaikan sebuah tema ke dalam semua bidang isi. Keuntungan dari model pembelajaran terpadu ini bagi siswa adalah diperolehnya pandangan hubungan yang utuh tentang kegiatan dari ilmu-ilmu yang berbeda. Pendekatan tematik atau model webbed menyediakan payung motivasional dan jelas bagi siswa. Hal ini mudah bagi mereka untuk melihat bagaimana aktivitas-aktivitas dan ide-ide yang berbeda dihubungkan.

2.      Model-model Pembelajaran Terpadu :
1.      Model kurikulum yang berorientasi pada satuan mata pelajaran yang terpisah-pisah
Pada kelompok ini model pembelajaran masih berorientasi pada suatu mata pelajaran tertentu saja. Model ini sangat umum dilakukan para guru di mana suatu mata pelajaran disajikan secara terpisah-pisah, dan tidak mengaitkannya dengan mata pelajaran lain.
2.      Model kurikulum yang berorientasi pada lintasan beberapa mata pelajaran
Terdapat tiga model pembelajaran terpadu yang berorientasi pada lintasan beberapa mata pelajaran  sekaligus, yakni :
                                                              i.      model urutan atau Sequenced Model, di mana beberapa topik dari suatu mata pelajaran diorganisasikan kembali dan diurutkan agar dapat bertepatan atau serupa dengan pada saat guru mata pelajaran lain membahas topik yang mirip atau serupa.
                                                            ii.      model pembelajaran terpadu berbagi atau Shared Model. Model ini terfokus pada dua mata pelajaran yang secara bersama-sama diajarkan dengan menggunakan konsep-konsep atau keterampilan-keterampilan yang tumpang tindih
                                                          iii.      model terjala atau jaring laba-laba yang dalam Bahasa Inggris disebut Webbed Model, di mana sering dijumpai pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak dengan nama pendekatan tematik. Model ini sudah sangat dikenal di kalangan pendidik pada umumnya. Model ini berangkat dari sebuah tema yang dibangun atau diciptakan bisa bersama-sama antara guru dengan siswa.
                                                          iv.      model untaian atau Threaded Model. Pada model ini, pendekatan metakurikuler digunakan untuk mencapai beberapa keterampilan dan tingkatan logika para siswa dengan berbagai mata pelajaran.
                                                            v.      model terpadu atau Integrated Model, para guru masing-masing mata pelajaran bekerja sama melihat dan memberikan topik-topik yang berkaitan dan tumpang tindih untuk membangun konsep dan keterampilan.
3.      Model kurikulum yang berorientasi pada para siswa
Klasifikasi perjalanan kurikulum model terpadu yang ketiga ini tidak lagi terfokus pada mata pelajaran tetapi sudah pada para siswa sebagai individu-individu yang mempunyai kemampuan dan pengalaman yang berbeda-beda, serta sebagai individu yang membentuk jaringan kerja sama. Model kurikulum ini merupakan model yang sangat rumit dan bisa jadi hanya bisa diaplikasikan untuk para siswa di tingkat perguruan tinggi.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tugas Pembaharuan 2"

Posting Komentar