Tugas Pembaharuan 2
Soal :
- Sebutkan
keunggulan pembelajaran Terpadu terjala
- Sebutkan
model pembelajaran terpadu
Jawab :
1. Keuntungan dari pendekatan pembelajaran
Terpadu terjala / webbed model untuk
mengitegrasikan kurikulum ini adalah faktor motivasional yang menghasilkan pemilihan
tema berdasarkan minat yang tinggi. Selain itu, model webbed atau pendekatan
penulisan unit (unit writing approach) merupakan pendekatan yang familiar untuk
guru berpengalaman dan merupakan model perencanaan kurikulum yang agak jelas
bagi guru yang kurang berpengalaman untuk memahami. Dia juga menfasilitasi
perencanaan kerja tim sebagai tim lintas disiplin untuk merangkaikan sebuah
tema ke dalam semua bidang isi. Keuntungan dari model pembelajaran terpadu ini
bagi siswa adalah diperolehnya pandangan hubungan yang utuh tentang kegiatan
dari ilmu-ilmu yang berbeda. Pendekatan tematik atau model webbed menyediakan
payung motivasional dan jelas bagi siswa. Hal ini mudah bagi mereka untuk
melihat bagaimana aktivitas-aktivitas dan ide-ide yang berbeda dihubungkan.
2. Model-model Pembelajaran Terpadu :
1.
Model kurikulum yang
berorientasi pada satuan mata pelajaran yang terpisah-pisah
Pada kelompok ini
model pembelajaran masih berorientasi pada suatu mata pelajaran tertentu saja.
Model ini sangat umum dilakukan para guru di mana suatu
mata pelajaran disajikan secara terpisah-pisah, dan tidak mengaitkannya dengan
mata pelajaran lain.
2.
Model kurikulum
yang berorientasi pada lintasan beberapa mata pelajaran
Terdapat tiga model
pembelajaran terpadu yang berorientasi pada lintasan beberapa mata
pelajaran sekaligus, yakni :
i.
model urutan atau
Sequenced Model, di mana beberapa topik dari suatu mata pelajaran
diorganisasikan kembali dan diurutkan agar dapat bertepatan atau serupa dengan
pada saat guru mata pelajaran lain membahas topik yang mirip atau serupa.
ii.
model pembelajaran
terpadu berbagi atau Shared Model. Model ini terfokus pada dua mata pelajaran
yang secara bersama-sama diajarkan dengan menggunakan konsep-konsep atau
keterampilan-keterampilan yang tumpang tindih
iii.
model terjala atau
jaring laba-laba yang dalam Bahasa Inggris disebut Webbed Model, di mana sering
dijumpai pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak dengan nama pendekatan tematik.
Model ini sudah sangat dikenal di kalangan pendidik pada umumnya. Model ini berangkat
dari sebuah tema yang dibangun atau diciptakan bisa bersama-sama antara guru
dengan siswa.
iv.
model untaian atau
Threaded Model. Pada model ini, pendekatan metakurikuler digunakan untuk
mencapai beberapa keterampilan dan tingkatan logika para siswa dengan berbagai
mata pelajaran.
v.
model terpadu atau
Integrated Model, para guru
masing-masing mata pelajaran bekerja sama melihat dan memberikan topik-topik
yang berkaitan dan tumpang tindih untuk membangun konsep dan keterampilan.
3.
Model kurikulum
yang berorientasi pada para siswa
Klasifikasi
perjalanan kurikulum model terpadu yang ketiga ini tidak lagi terfokus pada
mata pelajaran tetapi sudah pada para siswa sebagai individu-individu yang
mempunyai kemampuan dan pengalaman yang berbeda-beda, serta sebagai individu
yang membentuk jaringan kerja sama. Model kurikulum ini merupakan model yang
sangat rumit dan bisa jadi hanya bisa diaplikasikan untuk para siswa di tingkat
perguruan tinggi.
0 Response to "Tugas Pembaharuan 2"
Posting Komentar