Contoh Soal Objektif Pendidikan Anak di SD
SOAL OBJEKTIF
1. Sunaryo
Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....
A. proses membawa manusia dari apa
adanya kepada bagaimana seharusnya
B. suatu proses menumbuhkembangkan
eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan
yang berdimensi lokal, nasional, dan global
C. pengaruh lingkungan atas individu
untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap,
dan tingkah laku
D. pemberian informasi pengetahuan dan
pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan,
kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan
sosial yang memuaskan
2. Salah satu
tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang
bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan
cara....
A. memberikan materi yang sama kepada
seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B. menyiapkan anak dengan berbagai
pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan
membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D. menyiapkan siswa untuk memiliki
kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar
yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan
prinsip-prinsip ilmiah
3. Fungsi
pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara
adalah...
A. membentuk dan meningkatkan kualitas
kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B. membentuk siswa menjadi warga yang
baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan
kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C. mewariskan budaya dari generasi
satu ke generasi berikutnya
D. memberi berbagai kemampuan, sikap,
serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi
kehidupan dirinya
4. Salah satu
prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
A. inti dari budaya pendidikan di Era
Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik
sebagai titik sentral
B. perkembangan adalah proses yang tak
pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses
sepanjang hayat
C. setiap pendidikan dan proses
pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang
berkembang
D. prinsip dan hukum-hukum
perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan
5. Contoh
perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget
adalah anak mampu untuk....
A. meniru perilaku orang yang berada
di sekelilingnya
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian
C. mencari penyelesaian masalah
setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D. mengambil, memutar, menjatuhkan,
dan melempar mainannya
6. Pengertian
bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
A. kondisi di dalam diri seseorang
yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B. kemampuan bawaan sebagai potensi
yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C. kemampuan untuk melakukan suatu
tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D. kondisi dimana kemampuan sesorang
muncul akibat latihan terus menerus
7. Salah satu
faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak,
yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A. dukungan keluarga
B. minat anak
C. dukungan masyarakat
D. minat orang tua
8. Contoh
kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....
A. Adi dapat menyusun puzzle yang
terdiri dari 8 keping
B. Chika mampu menyanyikan lagu
Indonesia Raya di depan kelas
C. Tony mampu mengembangkan gambar
segi empat menjadi bentuk lain
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama
binatang dalam bahasa Inggris
9. Hubungan
antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu
orang yang....
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti
kreatif
B. tingkat intelegensinya rendah
biasanya kreatif
C. kreatif harus memiliki tingkat
intelegensi yang tinggi
D. kreatif belum tentu memiliki
tingkat intelegensia yang tinggi
10. Kemampuan
berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A. memberikan pertanyaan yang
mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B. menggabungkan pemikiran konvergen
dengan divergen
C. meminta anak untuk memecahkan
masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D. mengajukan pertanyaan tertutup
kepada siswa
11. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh
Goleman (1998) adalah....
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk
memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam
hubungan kita dengan orang lain
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi
dengan lingkungannya
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan,
keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan
cara menahan diri kita
12. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman
adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan
mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang
serta mengendalikannya
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu
stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang
lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan
orang lain
13. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada
tahap prakonvensional adalah anak....
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang
baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku
berdasarkan konsekuensinya
14. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin
adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola
perilaku lain tidak diterima
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
15. Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa pola
perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak memiliki
konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan
oleh Hurlock, yaitu....
A. penghargaan
B. hukuman
C. alat untuk membentuk moral
D. konsistensi
16. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah
untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A. setiap kali anak melakukan kesalahan
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
17. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD
dengan cara....
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap
Yang Maha Kuasa
18. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui
kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari
pernyataan ini adalah untuk....
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak
oleh lingkungan sosialnya
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di
lingkungan sekitarnya
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota
kelompok sosialnya
19. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut
Hurlock adalah....
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam
berkomunikasi
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
20. Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari
lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa
yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan
suatu tanda-tanda tertentu
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi sosial
21. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi
orang tua dapat terlihat melalui....
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan
jenis kelaminnya
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran
matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih
banyakdi bidang olah raga
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih
mandiri daripada anak perempuan
22. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi
sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan
ciri-ciri anak yang mengalami....
A. obesitas
B. malnutrisi
C. kekurangan makanan
D. kekurangan waktu istirahat
23. Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap
perkembangan emosional anak, yaitu....
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti
pelajaran
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
24. Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada
tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai
dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A. terpenuhinya kebutuhan fisik
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C. meningkatkan harga diri
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada
anak SD adalah....
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak
kelasnya
26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa
dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi
intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A. tantangan
B. rasa ingin tahu
C. kontrol
D. fantasi
27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen
adalah....
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku
dan pribadi
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena
pengalaman
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku
yang relatif permanen pada seseorang
28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia
utuh
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik
sentral
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat
sepenuh hati
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari
segi proses adalah....
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan
segala karakteristik fisik dan psikisnya
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan
lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak
melakukan aktivitas belajar
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan
metode, serta sarana dan fasilitas
30. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak
yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru
menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam
mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang
mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang dikemukakan
oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....
A. memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi
penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B. menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru
C. dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa
sebelumnya
D. menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa
dibuat-buat
32. Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
A. proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan
realitas yang dipelajarinya
B. kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa
C. kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D. kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan
transformasi terhadap persepsi
33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi ketika
berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple
intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A. interpersonal
B. kinestetik
C. Matematika-logika
D. intrapersonal
34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal
adalah....
A. program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa
B. pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
C. upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D. model pendidikan yang terintegrasi
35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis
hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu kecuali
hubungan....
A. reaktif
B. proaktif
C. responsif
D. interaktif
36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
A. mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata
pelajaran IPA
B. menggunakan alternative fasilitas belajar
C. mengembangkan media yang mahal
D. mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah
37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
A. sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B. tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C. perjanjian yang mengikat secara yuridis
D. sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku
“Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A. mengemukakan pendapat
B. dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau
kebangsaannya
C. mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai
D. berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis
39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah
implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan
kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan
kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta
langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan
konvensi hak anak berdasarkan....
A. pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak
B. konvensi induk hak asasi manusia
C. komite hak anak PBB
D. cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak
40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan
Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
A. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif,
administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran
atau eksploitasi serta perlakuan salah
B. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara
periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk
tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
C. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai
kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar
negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di
Negara-negara yang membolehkan adopsi
41. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan
mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia
cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi
hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31
42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib
pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya
operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap
jenjang pendidikan
C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk
mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan
hingga jenjang SMA
43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak
adalah....
A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk
pengadaan media pembelajaran
B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk
memperoleh pendidikan
C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan
sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak
menyumbang untuk sekolah
44. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan
dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap
manusia. Hal ini ditandai dengan....
A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik
masing-masing siswa
B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang
berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C.
pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D.
guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para
siswa
D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah
adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan
belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil
siswa
B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap
hasil belajar siswa
C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi
tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang
positif bagi perkembangan anak
46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi
ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam
kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak
ketika anak tidak berhasil
C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan
dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan
karir
B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat
panggilan orang tua atau wali
D. buku pribadi dan map siswa
48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan
dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan
perkembangan anak SD
B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru
lain
C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan
secara efektif
D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya
bagi SD kelas rendah
49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja
sama dapat terlaksana melalui....
A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan
membantu menemukan kursus
B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan
sekolah
C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan
gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
50. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD
menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A. mengulangi presentasi
B. menjelaskan ulang kepada peserta
C. mencatat perbedaan kesan ini
D. mengevaluasi kegiatan presentasi
SOAL ESSAY
1.
Peran orang tua penting dalam bimbingan dan konseling
di SD karena ….
Jawab:
Dukungan orang tua sangat diperlukan oleh anak dan
guru
2.
Dalam rangka penuntasan wajib belajar peran utama
orang tua adalah ….
Jawab:
Memasukkan anak usia 6 tahun ke SD
3.
Hubungan Konseling dengan Bimbingan adalah ….
Jawab:
Konseling merupakan tehnik inti dalam Bimbingan
4.
Memberi tugas tambahan kepada siswa yang unggul untuk
memperkaya pengetahuan yang telah dikuasainya merupakan fungsi dari ….
Jawab:
Pengembangan
5.
Bimbingan belajar, pribadi sosial dan karier merupakan
pembidangan bimbingan yang didasarkan pada …..
Jawab:
Masalah yang dihadapi siswa
6.
Skala penilaian merupakan alat pengumpul data yang
dipergunakan dalam teknik ….
Jawab:
Observasi
7.
Tujuan bimbingan model perkembangan adalah
Jawab:
Memfasilitasi penentu keberhasilan di tangan siswa
8.
Layanan yang mendasari layanan bimbingan lainnya
adalah layanan ….
Jawab:
Rujukan
9.
Metode evaluasi yang cenderung mirip dengan penelitian
eksperimen adalah ….
Jawab:
Komprensif
10. Tujuan dari evaluasi
adalah ….
Jawab:
Perbaikan dan pengembangan
0 Response to "Contoh Soal Objektif Pendidikan Anak di SD"
Posting Komentar