Contoh RPP Pembelajaran Kelas Rangkap
Contoh RPP Pembelajaran Kelas Rangkap
Dimana banyaknya siswa kelas IV 8 siswa, kelas V 4
siswa dan kelas VI 12 siswa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Materi
: Cerita Anak
Kelas/Semester
: IV, V dan VI
Alokasi
Waktu : 4 x 35
menit (1x pertemuan)
Kelasa IV
Standar Kompetensi
-
Memahami teks melalui membaca intensif dan membaca nyaring.
Kompetensi Dasar
-
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraph melalui membaca intensif
Indikator
-
Membaca teks secara intensif
-
Menentukan kalimat utama dari tiap paragraph yang dibaca
-
Menuliskan kalimat utama dari paragraph yang dibaca
-
Membuat paragraph dari kalimat utama
Tujuan Pembelajaran
-
Setelah proses pembelajaransiswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap
paragraf melalui membaca intensif.
Kelasa V
Standar Kompetensi
-
Memahami teks denga membaca sekilas, membaca memindai dan membaca cerita anak
Kompetensi Dasar
-
Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Indikator
-
Meniliskan pokok-pokok isi cerita dalam cerita anak
-
Menuliskan ringkasan cerita anak dalam bahasa sendiri
-
Menyimpulkan
Tujuan Pembelajaran
-
Setelah kegiatan pembelajaran siswa mampu menyimpulkan isi cerita.
Kelasa VI
Standar Kompetensi
-
Memahami teks dengan membaca intensif
Kompetensi Dasar
-
Menentukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
Indikator
-
Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
-
Menceritakan kembali isi bacaaan dari bacaan yang telah dibaca
Tujuan Pembelajaran
-
Setelah proses pembelajaran siswa dapat menentukan makna yang tersirat dari
suatu teks
1.
I. Model Pembelajaran
-
Kooparatif tipe Jigsaw
1.
II. Langkah Pembelajaran
A Pendahuluan (± 10 menit)
§ Salam, doa,
absensi, mengelola kelas
§ Memperkenalkan
materi
§ Membentuk 4
kelompok yang anggotanya 6 orang secara heterogen (siswa kelas IV 2 orang,
kelas V 1 orang dan kelas VI 3 orang. Dengan penomoran dalam kelompok yaitu
siswa kelas IV 2 orang yaitu nomor 1a dan 1b, kelas 5 1 orang nomor 2 dan kelas
VI 3 orang no 3a,3b dan 3c)
B Inti (± 50 menit)
§ Anggota kelompok
yang memiliki nomor yang sama membentuk kelompok baru dalam hal ini tim ahli
nomor 1a dan 1b membentuk1 kelompok, nomor 2 1 kelompok dan nomor 3a, 3b dan 3c
membentuk 1 kelompok. (siswa akan kembali ke kelompok kelas masing-masing)
§ Guru membagikan
materi pembelajaran kepada kelompok baru (tim ahli)
§ Pada akhir waktu
yang disediakan anggota kelompok kembali pada kelompok awal (yang terdiri atas
6 orang)
§ Dalam kelompok
setiap anggota mengajarkan apa yng telah dipelajari kepada anggota kelompoknya
§ Guru membagikan LKS
C Penutup (± 10 menit)
§ Guru dan siswa
melakukan refleksi
§ Menutup
pembelajaran
1.
III. Sumber Belajar dan Media
A.
1. Sumber belajar
1). Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas
IV, V danVI
2). Kurikulum KTSP
3). Buku siswa (materi ajar)
4). Lembar kerja siswa
5). Lembar penilaian
1.
2. Media
Chart (cerita tentang materi yang akan diajarkan)
1.
IV. Penilaian
Teknik:
Tes
Penilaian Proses
§ Unjuk kerja
§ Lembar kerja siswa
yang diberikan oleh guru
Kelompok: ……………
No
|
Nama siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Æ©
|
NA
|
|||||||||||
Disiplin
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
Partisipasi
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
1.
|
|||||||||||||||
1.
2.
|
|||||||||||||||
1.
3.
|
|||||||||||||||
1.
4.
|
|||||||||||||||
1.
5.
|
|||||||||||||||
1.
6.
|
|||||||||||||||
1.
7.
|
|||||||||||||||
1.
8.
|
|||||||||||||||
1.
9.
|
Ketua Kelompok : …………………………….
Anggota Kelompok:
1.
……………
2.
……………
3.
…………..
4.
…………..
5.
…………..
Keterangan:
1.
= kurang
2.
= cukup
3.
= baik
Penilaian NA = x 100%
Kelompok : ….
Dari teks cerita yang ada dipapan tentukan :
Kalimat utama dalam
setiap paragraph
|
Alasan
|
Kesimpulan cerita
tersebut
|
|
Makna yang tersirat
dalam teks tersebut
|
Ketua Kelompok : …………………………….
Anggota Kelompok:
1.
……………
2.
……………
3.
…………..
4.
…………..
5.
…………..
Membaca Intensif Teks
Koperasi Sekolah
Koperasi sebagai perwujudan perekonomian berdasarkan
asas kekeluargaan merupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia.
Sebagai upaya untuk memelihara kesinambungan perkoperasian di Indonesia, perlu
adanya usaha menciptakan kaderkader koperasi yang baik. Kader koperasi dapat
diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan langsung yang dapat
dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi sekolah.
Umumnya, koperasi sekolah didirikan di jenjang
pendidikan SD, SMP, hingga SMA. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai koperasi
sekolah, ada baiknya kita memahami dahulu apa yang dimaksud dengan koperasi
sekolah. Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya para siswa SD, SMP,
SMA, madrasah, pesantren, atau sekolah yang setingkat dengan itu.
Koperasi sekolah didirikan berdasarkan surat keputusan
bersama Menteri Koperasi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang
Menteri Pendidikan Nasional) Nomor 51/M/SKB/III/1984 dan Nomor 158/P/1984. Hal
ini menunjukkan bahwa koperasi sekolah merupakan badan yang cukup penting untuk
didirikan sebagai sarana siswa untuk belajar dan bekerja. Tujuan khusus
didirikannya koperasi sekolah adalah sebagai berikut:
a. memelihara dan mengembangkan rasa tanggung jawab,
disiplin, setia kawan, dan jiwa demokrasi pada siswa sekolah;
b. mendidik siswa untuk selalu mempertinggi keterampilan
dalam berkoperasi;
c. meningkatkan kesejahteraan ekonomi siswa;
d. mempermudah siswa dalam memenuhi kebutuhan sekolah;
e. menanamkan sejak awal jiwa kewirausahaan pada diri
siswa.
Sebagai usaha yang berada di lingkungan sekolah,
koperasi sekolah membuat berbagai jenis usaha yang berhubungan dengan kegiatan
sekolah. Kegiatan di sekolah yang utama adalah proses belajarmengajar. Oleh
sebab itu, koperasi sekolah dapat menyediakan berbagai kebutuhan guna
memperlancar proses belajar-mengajar. Usaha koperasi sekolah, antara lain,
usaha pertokoan, simpan pinjam, menyelenggarakan kafetaria, dan usaha jasa.
(Disarikan dari buku Ekonomi, 2007)
Menemukan Kalimat Utama dalam Paragraf
Paragraf merupakan gabungan kalimat yang dikendalikan
oleh kalimat topik atau kalimat utama. Kalimat sebaiknya sudah merupakan
pernyataan khusus, supaya pengembangan paragraf mudah dikerjakan. Kalimat
pertama dalam paragraf biasanya merupakan kalimat topik atau kalimat utama,
sedangkan kalimat-kalimat yang lain menjelaskan kalimat pertama.
Contoh
Koperasi sebagai perwujudan perekonomian berdasarkan
asas kekeluargaan merupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia.
Sebagai upaya untuk memelihara kesinambungan perkoperasian di Indonesia, perlu
ada usaha menciptakan kader-kader koperasi yang baik. Kader koperasi dapat
diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan langsung. Pendidikan dan
pelatihan tersebut dapat dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi
sekolah.
Kalimat utama pada paragraf di atas adalah Koperasi
merupakan sektor perekonomian di Indonesia yang berasaskan kekeluargaan.
Setelah mengetahui jenis kalimat utama dan contohnya,
coba tuliskan kalimat utama setiap paragraf teks “Koperasi Sekolah” tadi!
Kerjakan di buku tugasmu dengan susunan seperti berikut ini!
Judul teks : “Koperasi Sekolah”
Kalimat utama :
a. Paragraf kedua
: _______________
b. Paragraf ketiga
: _______________
c. Paragraf keempat : _______________
Bacalah secara menyeluruh cerita berikut
Seruni, gadis cilik berusia enam tahun. Dia hidup
bersama ibu dan kakak perempuannya. Sang ayah meninggal dalam kecelakaan. Kini,
ibunyalah yang menanggung beban hidup keluarganya.
Seruni lebih banyak meng habiskan waktu di rumah. Dia
tidak memiliki teman. Bahkan, kakaknya juga tidak mempedulikannya. Seruni
terlahir sebagai gadis cilik yang bisu dan tuli. Seruni hanya dapat bermain
dengan ibu dan kawan khayalannya.
Sampai suatu hari, dia bertemu dengan Diah. Diah
adalah anak yang baik hati dan dapat dipercaya. Baru kali ini, Seruni bertemu dengan
orang yang mampu memahami dirinya.
Sejak kedatangan Diah, Seruni lebih riang. Dia dapat
berkomunikasi dengan menggerakkan jemarinya, sebagai bahasa isyarat. Diah yang
mengajarkannya. Kini, jemari Seruni dapat bergerak dengan lincah. Ia dapat
mengungkapkan isi hatinya.
Ada satu keinginan yang disampaikan Seruni kepada
Diah. Seruni ingin mendengar, walaupun hanya sehari. Suatu hari, Seruni
mengalami kecelakaan. Peristiwa ini menyebabkan Seruni tidak mampu lagi
menggerakkan jemarinya. Dia pun kehilangan semangat hidupya.
Kisah Seruni ini banyak memberikan pelajaran berharga
bagi pembaca. Cerita ini berusaha mengenalkan pelajaran arti hidup, terutama
bersyukur atas sesuatu yang diberikan Tuhan. Kecacatan tubuh bukanlah
segala-galanya untuk ditangisi. Rasa kasih sayang antarsesama bukan sekadar
milik orang yang diciptakan sempurna keadaan badannya. Justru kitalah yang
harus sadar mengasihi orang yang tidak memiliki kesempurnaan badan.
Sumber: Majalah Fantasi Kids,
Januari 2005
Setelah selesai membaca cerita tersebut, tulislah nama
tokoh cerita tersebut.
Bagaimanakah sifat tokoh Diah?
Menurutmu, apa sajakah latar yang ada dalam cerita
itu?
Mengapa ibu Seruni yang menanggung beban hidup
keluarganya?
Bagaimanakah sosok Seruni digambarkan?
Tulislah kesimpulan isi cerita dengan kata-katamu
sendiri.
Menemukan Makna yang Tersirat dalam Teks
Untuk menemukan makna dalam suatu teks, kita harus
membaca teks tersebut secara intensif. Dengan membaca secara intensif, kita
dapat menemukan makna yang tersirat dalam teks tersebut.
Membaca Teks dan Memahami Isinya
Sisingamangaraja XII
“Tahukah kalian, di mana letak Danau Toba?” tanya Bu
Wulan pada murid-murid kelas enam.
“Sumatra, Bu!”, jawab mereka.
“Ya, kalian betul. Tepatnya di daerah Tapanuli.
Apakah kalian tahu, siapa nama pahlawan yang berasal
dari Tapanuli?” tanya Bu Wulan lagi.
“Tidak, Bu!”, jawab mereka bersamasama.
“Namanya Sisingamangaraja XII”, kata Bu Wulan.
“Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang
perjuangan Sisingamangaraja XII melawan penjajah Belanda?” tanya Bu Wulan lagi.
“Belum, Bu!”, jawab mereka.
“Baiklah, akan Ibu jelaskan”, kata Bu Wulan.
“Sisingamangaraja XII lahir pada tahun 1849. Dia
adalah putra raja. Dia tinggal di Bakhara. Di Bakhara itulah pemimpin
masyarakat Batak bertempat tinggal. Pada usia 18 tahun, ia menggantikan ayahnya
sebagai pemimpin Batak.
Pada waktu itu, Belanda meluaskan kekuasaannya sampai
ke Tapanuli. Melihat itu semua, Sisingamangaraja XII tidak tinggal diam, dia
berusaha melawan. Akhirnya meletuslah pertempuran di Bahal Batu pada tahun
1878. Pada saat itulah dimulai Perang Batak. Perang berlangsung sampai tahun
1907. Akhirya Bakhara jatuh ke tangan Belanda. Sisingamangaraja XII meneruskan
perjuangannya ke tempat lain. Bersama rakyat, ia menyerang markas-markas
pasukan Belanda.
Lama-kelamaan kekuatan Sisingamangaraja XII berkurang.
Daerah Toba terpaksa ditinggalkannya dan menyingkir ke daerah Dairi. Belanda
berusaha menangkapnya. Belanda mengerahkan pasukan yang terlatih untuk mencari
tempat persembunyian Sisingamagaraja XII. Akhirnya tempat tersebut dapat
ditemukan. Sisingamangaraja XII terkepung. Dia tertembak peluru serdadu
Belanda. Sisingamangaraja XII gugur pada tanggal 17 Juni 1907.
“Apakah kalian sudah mengerti?” tanya Bu Wulan.
“Sudah, Bu!”, jawab murid-murid.
Marilah menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Kapan Sisingamangaraja XII dilahirkan?
2. Di manakah dia tinggal?
3. Pada usia berapa dia diangkat menjadi pemimpin
masyarakat Batak?
4. Kapan pertempuran pertama antara pasukan Belanda
dan Sisingamangaraja XII terjadi?
5. Apa penyebab pertempuran itu?
6. Berapa lama Perang Batak berlangsung?
7. Kapan Sisingamangaraja XII gugur?
Menemukan Makna yang Tersirat pada Suatu Bacaan
Kalian pasti sudah memahami cerita Bu Wulan tentang
perjuangan Sisingamangaraja XII melawan penjajah Belanda. Di dalam bacaan
tersebut, tentu terkandung makna yang ingin disampaikan penulis kepada para
pembacanya. Makna dari sebuah bacaan tidak langsung dapat kita temukan karena
makna tersebut tidak langsung ditulis dalam bacaan, tetapi tersirat dalam bacaa
tersebut. Untuk menemukannya, kalian harus membaca bacaan tersebut secara
intensif. Nah, sekarang jelaskan makna tersirat dari bacaan “Sisingamangaraja
XII”.
Teks cerita anak beupa chart
Kesombongan Burung Nuri
DEO seekor burung nuri. Tinggal di hutan luas bersama
binatang lainnya. Merasa paling tampan, Deo menjadi sombong. Tidak mau bergaul
dengan temantemannya dan suka memamerkan diri. ”Di seluruh hutan ini, tidak ada
burung lain yang setampan diriku,”
kata Deo dengan pongah di hadapan teman-temannya
sesama burung.
”Kalian semua pasti juga mengagumi ketampananku ini.”
Teman-temannya hanya bisa gelenggeleng kepala. Mereka
enggan bermain dengan Deo arena sikapnya itu.
Pada suatu hari, Deo terbang sendirian mengelilingi
hutan. Tanpa sengaja, ia menabrak ranting pohon yang tinggi. Sayapnya patah. Ia
terjatuh ke tanah. Deo merasa kesakitan dan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.
Tiba-tiba, Deo mendengar suara elang di kejauhan.
Suara itu semakin dekat. Deo sangat ketakutan. Jantungnya berdegup kencang. Ia
begitu lemah dan tidak berdaya. Elang itu kini terbang melayang di atasnya,
siap untuk menerkamnya.
Ketika Elang itu hendak memangsa Deo, sekawanan burung
datang ke tempat itu. Mereka bersuara ribut untuk mengusir Elang. Melihat
sekelompok burung yang cukup banyak tersebut, Elang mengurung-kan niatnya.
Terbang menjauh dan mencari mangsa lainnya.
”Deo, ini kami. Kamu tenang saja karena kami datang
untuk menolongmu,”
kata burung-burung tersebut.
Deo yang masih tergeletak di tanah merasa terharu.
Ternyata, kawanan burung itu teman-temannya sendiri yang selama ini tidak
dipedulikannya. Mereka lalu terbang menghampiri Deo dan membawanya pulang ke
rumahnya.
Setelah dirawat beberapa minggu, Deo kembali sembuh
seperti sediakala. Ia selalu mengingat kebaikan teman-temannya yang telah
menyelamatkannya.
Sejak saat itu, Deo tidak sombong lagi. Ia kini senang
bermain bersama temantemannya yang baik hati.
(Fino Yurio K)-m
Sumber: Kedaulatan Rakyat Minggu,
30 Oktober 2005
0 Response to "Contoh RPP Pembelajaran Kelas Rangkap"
Posting Komentar